7 Karakter Dasar, yang perlu dimiliki oleh seorang Wirausaha

7 Karakter Dasar, yang perlu dimiliki oleh seorang Wirausaha

Entrepreneurial Mindset, menurut McGrath & MacMillan (2000), ada 7 karakter dasar yang perlu dimiliki setiap calon wirausaha. Ketujuh karakter tersebut adalah:

1.Action oriented. Bukan tipe menunda, wait and see, atau membiarkan sesuatu (kesempatan) berlalu begitu saja. Dia juga tidak menunggu ketidakpastian pergi dulu baru berusaha. Mereka adalah orang yang ingin segera bertindak sekalipun situasinya tidak pasti (uncertain). Bagi mereka prisipnya adalah, resiko bukan untuk dihindari melainkan untuk dihadapi dan ditaklukkan dengan tindakan dan kelihaian.

2.Berpikir simpel. Sekalipun dunia sudah berubah menjadi sangat kompleks, mereka selalu belajar menyederhanakannya. Dan sekalipun berilmu tinggi, mereka bukanlah manusia teknis yang ribet dan menghendaki pekerjaan yang kompleks. Mereka melihat persoalan dengan jernih dan menyelesaikan masalah satu demi satu secara bertahap.

3.Selalu mencari peluang baru. Apakah itu peluang usaha yang benar-benar baru, atau peluang dari usaha yang sama. Untuk usaha baru mereka selalu mau belajar hal yang baru, membentuk jaringan dari bawah dan menambah landscape atau scope usahanya. Sedangkan dalam usaha yang sama, mereka selalu tekun mencari alternatif baru, seperti model, desain, platform, bahan baku, energi, kemasan, dan struktur biaya produksi.

4.Mengejar peluang dengan disiplin tinggi. Peluang bukan hanya dicari, melainkan diciptakan, dibuka, dan diperjelas. Karena wirausaha melakukan investasi dan menanggung resiko, maka seorang wirausaha harus memiliki disiplin yang tinggi. Wirausaha-wirausaha yang sukses bukanlah pemalas atau penunda pekerjaan. Setiap gagasan briliant dan inovatif biasanya harus dibangun dari bawah dan disusun seluruh mata rantai nilainya (value chain).

5.Hanya mengambil peluang yang terbaik. Ukuran terbaik itu adalah pada nilai-nilai ekonomis yang terkandung didalamnya, masa depan yang lebih cerah, kemampuan menunjukkan prestasi, dan perubahan yang dihasilkan.

6.Fokus pada eksekusi. Wirausaha bukanlah seorang yang hanya bergelut dengan pikiran, merenung atau menguji hipotesis, melainkan seorang yang fokus pada eksekusi. Mereka tidak mau berhenti pada eksploitasi pikiran atau berputar-putar dalam pikiran penuh keragu-raguan.

7.Memfokuskan energi setiap orang pada bisnis yang digeluti. Seorang wirausaha tidak bekerja sendirian. Dia menggunakan tangan dan pikiran banyak orang, baik dari dalam maupun luar perusahaannya dengan cara membangun jaringan.

Dikutip dari jurnakl ketahanan pangan https://media.neliti.com/media/publications/269673-penerapan-business-model-canvas-bmc-untu-cdbc0c36.pdf

Back to Karakter Dasar Wirausaha

 

 

Back to Karakter Dasar Wirausaha

 

Back to Karakter Dasar Wirausaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − six =